Home » 6 Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok Sendiri Tanpa ke Dokter
Kecantikan

6 Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok Sendiri Tanpa ke Dokter

Rambut rontok bukanlah hal yang asing lagi. Hampir semua orang mengeluhkan bahwa rambut mereka rontok setiap hari. Padahal, sebenarnya kondisi ini normal loh. Biasanya, akan ada sekitar 50 – 100 helai rambut yang gugur setiap harinya.

Namun, kalau jumlahnya sudah lebih dari itu dan berlangsung terus menerus, artinya kerontokan rambut sudah dianggap berlebihan dan kalian perlu waspada. Sebisa mungkin kalian harus mengatasinya lebih awal.

Selain merawat rambut rontok, kalian juga perlu merawat kulit wajah agar cerah dan bersih. Bukan hanya wanita, tapi saat ini juga sudah banyak pria yang memperhatikan kesehatan dan kebersihan kulit wajahnya sehingga banyak sekali rekomendasi skin care pria saat ini.

Mengatasi rambut rontok pun bisa dilakukan dengan banyak cara. Mulai dari penanganan medis, menggunakan obat penumbuh rambut, terapi laser, maupun prosedur transplantasi rambut. Tapi, kalian juga bisa mencoba berbagai cara alami dalam mengatasi rambut rontok yang mudah dilakukan di rumah.

Walaupun sederhana, namun sebenarnya ada beberapa cara alami yang cukup efektif dalam mengatasi rambut rontok. Nah, untuk kalian yang mau tahu, di bawah ini kami akan berikan cara mengatasi rambut rontok parah untuk kalian.

1. Jangan Terlalu Sering Keramas

cara alami atasi rambut rontok

Kebanyakan orang mengira bahwa keramas setiap hari bisa menjaga kondisi rambut agar tetap sehat. Padahal, sebenarnya penggunaan shampoo yang terlalu sering malah bisa membuat rambut kita kering, rusak, mudah patah, bahkan terlihat lebih tipis.

Selain itu, mengeringkan rambut setelah keramas dengan menggosoknya dengan kencang menggunakan handuk juga bisa membuat rambut mengalami kerontokan.

Karena itulah, salah satu cara mengatasi rambut rontok dan kering adalah kalian disarankan untuk keramas sebanyak 1 – 3 kali seminggu saja serta mengeringkan rambut dengan handuk secara lembut.

2. Gunakan Bahan Alami

bahan alami rambut rontok

Ternyata, bahan alami juga bisa membantu kita mengatasi rambut rontok yang mudah dilakukan di rumah loh. Misalnya seperti lidah biaya dan minyak kelaha yang punya khasiat merawat kulit kepala dan mengatasi rambut rontok. Bahkan lidah buaya juga diyakini bisa mengurangi ketombe dan produksi minyak berlebih di kulit kepala.

Selain itu, minyak kelapa juga punya kandungan asam lemak yang bisa menyerap ke dalam rambut serta menggantkan protein rambut yang hilang. Atau kalian juga bisa menggunakan lemon karena lemon bisa menjaga kesehatan kulit kepala dan merangsang pertumbuhan rambut. Kalian bisa mengoleskan jus atau minyak lemon ke kulit kepala setelah keramas.

Kuning telur yang merupakan sumber vitamin A, asam amino, biotin, dan asam folat juga bagus untuk melembabkan rambut kering dan membuat rambut tumbuh lebih cepat dan kuat. Ini membuat kuning telur sebagai salah satu bahan alami yang bagus untuk mengatasi rambut rontok dari dalam.

Kalian juga bisa menggunakan minyak rosemary dan geranium yang bisa merangsang pertumbuhan serta memperkuat rambut. Untuk menggunakannya, kalian bisa mengoleskan minyak ini ke kulit kepala sebelum dan sesudah keramas.

3. Tata Rambut Dengan Lembut

cara sisir agar rambut tidak rontok

Ada banyak sekali metode penataan rambut mulai dari mencatok, mewarnai, mengeriting, dan lain – lain yang bisa membuat rambut rusak serta kering dan bisa mengiritasi kulit kepala kalian. Sementara, kebiasaan mengikat serta mengepang rambut terlalu kencang juga bisa membuat akar rambut tertarik jadi rambut lebih mudah rontok.

Untuk mengurangi kerontokan rambut serta menjaga kulit kepala tetap sehat, ada baiknya kalian menghindari penataan rambut seperti itu. Kalau ingin mengeringkan rambut dengan haridryer, hindari menggunakan suhu panas karena bisa membuat rambut lebih cepat rusak.

Namun, kalau bisa biarkan saja rambut kering dengan sendirinya karena selain bisa membuat rambut jadi lebih tak cepat rusak, membiarkannya kering sendiri juga bisa membuat rambut jadi lurus dan jatuh dengan indah.

4. Hindari Mengikat Kencang Rambut

mengapa rambut suka rontok

Mengikat rambut dengan kencang ternyata juga bisa membuat rambut kita lebih mudah rontok bahkan mengalami kebotakan. Karena, mengikat rambut juga bisa membuat rambut jadi lebih lemah dan kehilangan kilaunya. Apalagi jika kita melakukannya terlalu sering.

Salah satu cara mengatasi rambut rontok dan ketombe adalah dengan membiarkan rambut terurai begitu saja dan tidak mengikatnya. Jika memang sangat harus mengikat, lebih baik gunakan karet kain dan sebisa mungkin hindari karet rambut apalagi karet gelang karena akan sangat menyakitkan.

Selain itu, usahakan jangan mengikat rambut terlalu lama karena akan membuat rambut tak bisa bernapas dan akhirnya rusak. selain itu juga bisa merubah bentuk rambut jika terlalu lama di ikat apalagi jika ikatannya sangat kencang.

5. Terapkan Pola Hidup Sehat

mengapa rambut rontok banyak

Beberapa jenis penyakit seperti kurang gizi dan anemia juga bisa menjadi penyebab kerontokan rambut. Selain itu, stres berlebihan juga seringkali menjadi penyebab kerontokan rambut. Karena itulah, untuk mencegah serta mengatasi kerontokan rambut, kalian bisa mencoba menjalani pola hidup sehat.

Salah satu cara menjalani pola hidup sehat adalah dengan meredakan stres, rutin olahraga, mencukupi waktu tidur. dan juga mengeluarkan waktu untuk self healing. Pola hidup sehat bukan hanya bisa menjaga rambut dari kerusakan tapi juga bisa membuat tubuh jadi lebih sehat.

Pola hidup sehat tak selalu dengan olahraga. Kalau kalian tak suka olahraga pun sebenarnya dengan menjaga pola makan saja sudah sangat cukup membantu tubuh sekaligus rambut jadi lebih sehat loh. Sekali dayung 2 pulau terlampaui kan?

6. Cukupi Asupan Nutrisi

Cukupi Asupan Nutrisi

Salah satu cara mengatasi rambut rontok berlebihan adalah dengan memenusi asupan nutrisi dengan seimbang. Konsumsi makanan yang mengandung protein dan asam lemak omega 3 yang cukup seperti telur dan ikan salmon agar kulit kepala jadi lebih sehat dan rambut tumbuh berkilau serta kuat.

Ada pula banyak jenis vitamin yang bagus untuk kesehatan rambut, seperti vitamin A, B, C, D, dan E yang bisa mencegah dan mengatasi rambut rontok, menjaga kesehatan kulit kepala, hingga menyuburkan rambut.

Zinc atau seng juga memiliki peran penting dalam pertumbuhan dan perbaikan jaringan rambut dan bisa menjaga kelembapan alami rambut. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi zat besi untuk mendapat hasil yang optimal.

Beberapa cara di atas bisa kalian coba lakukan sendiri di rumah karena cenderung mudah. Namun, jika kerontokan masih berlanjut, ada baiknya kalian memeriksakan ke dokter dan berkonsultasi dengan mereka. Semoga bermanfaat.